Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Dijaman yang serba modern ini, kita dituntut untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan tepat. Tidak terkecuali dengan baja ringan yang sekarang menjadi salah satu opsi bagi mereka yang sedang membuat bangunan dengan proses  yang cepat namun berkualitas. Nah, dengan maraknya produk baja ringan maka kita harus lebih jelih dalam membelinya.

Untuk itu, kami akan berikan beberapa tips dalam memilih dan membeli rangka atap baja ringan. Berikut tips dari Mandiri Konstruksi Stell.

  1. Kualitas

Biasanya bahan baja yang umum dipakai adalah baja mutu tinggi atau biasa disebut High Tension Steel, umumnya (standar) G550, artinya Yield Strength maupun Tension Strength dari baja tersebut minimal adalah 550 Mpa.

  1. Lapisan Anti Karat

Rangka Atap Baja Ringan yang berkualitas biasanya sudah terlapisi Zynn sebagai lapisan anti karat untuk melindungi baja ringan dari karatan.

  1. Ketebalan Anti Karat

Standar umum untuk bahan struktural (menanggung beban), ketebalan lapisan Aluminium Zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m2, sedangkan untuk lapisan Zinc (Galvanis) tidak kurang dari 180 gram/m2.

  1. Desain Struktur

Setiap baja ringan memiliki struktur yang berbeda-beda, oleh karena itu, struktur rangka atap baja ringan tidak bisa dihitung menggunakan software analisa struktur untuk konstruksi baja tebal yang umum dipakai. Banyak sekali variabel yang bisa mempengaruhi hasil desain perhitungan struktur. Sebagai konsumen yang awam, sulit untuk bisa memahami perhitungan desain struktur, tetapi kita dapat memilih produk yang memiliki dukungan perangkat lunak komputer khusus konstruksi baja ringan bereputasi internasional.

  1. Sistem Pengaku / Bracing

Karena terbuat dari bahan baja tipis, biasanya ketebalan minimum untuk struktur kuda-kuda adalah 0,75 mm. Akibat bahan yang terlalu tipis, meskipun telah dibuat menjadi bentuk profil yang kokoh, kekuatannya tinggi tetapi kekakuannya lemah (dibanding balok kayu misalnya). Dengan kekakuan yang lemah, struktur rangka atap baja ringan harus dilengkapi dengan batang pengaku / bracing yang cukup. Banyak kasus rangka atap baja ringan yang roboh akibat kurangnya batang pengaku / bracing ini.

  1. Alat Sambung Self Drilling Screw dan Pemasangannya

Salah satu bagian terpenting dari struktur rangka atap baja ringan adalah alat sambung, yang biasanya berupa Self Drilling Screw (SDS), atau sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur. Untuk baja tipis, SDS yang dipakai harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang di bawah kepala baut. Alur yang kasar akan membuat baja tipis tersusun di antara alur, bukan dirusak oleh alur, sehingga SDS mampu memikul beban yang besar di sambungan.

  1. Garansi

Garansi tidak hanya meliputi bahan saja, melainkan termasuk didalamnya  garansi struktur, garansi bahan, garansi desain dan instalasi.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin atau sedang membangun bangunan dengan menggunakan rangka baja ringan. Untuk mendapatkan baja ringan dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat bersahabat, silakan hubungi kontak kami yang tertera di bawah ini.

whatsapp-konstruksi

bongkar pasang atap

Bongkar Pasang Atap

pemasangan baja ringan

Pemasangan Baja Ringan

jasa pemasangan plafond

Pemasangan Plafon

Telpon
WA